Jumat, 06 September 2013

SMKN 04 Grafika Malang

Grafika adalah segala macam cara pengungkapan ide,gagasan,dsb,yang di olah untuk diperbanyak dan di sebarkan pada khalayak umum dan di sebut sebagai media masa (Budhi Prasetyo,Guru SMKN 04 MALANG).

pada dasarnya grafika adalah ilmu yang mempelajari tentang tata cara penyebarluasan informasi,baik secara manual maupun digital.

Grafika di klasifikasikan menjadi dua bagian yaitu Persiapan cetak dan Cetak.Pada persiapan cetak di bagi menjadi  tiga bagian yaitu Desain,Setting,dan Foto Reproduksi. Sedangkan pada Cetak dibagi menjadi 2 bagian, yaitu Proses cetak dan Finishing.

klasifikasi yang saya sebutkan di atas merupakan suatu rangkaian proses tang tidak dapat di pisahkan,karena pada proses produksi grafika harus berurutan mulai Desain sampai dengan Finishing. Pada proses cetak sendiri dapat dibagi menjadi beberapa metode diantaranya adalah Cetak Offset,Cetak Dalam,Cetak Tinggi,Cetak Sablon. Pada masa saat ini teknologi grafika sudah memasuki era computerisasi

Di indonesia grafika mulai berkembang sejak jaman penjajahan belanda,ini terbukti pada tahun 1937 telah didiraikan Sekolah Tehnik Percetakan (Grafische School) oleh MGR. AEJ. ALIERSO’CARM, seorang pendeta asal belanda yang ada di indonesia.sekolah tehnik percetakan ini adalah sekolah percetakan tertua yang ada di indonesia,yang sekarang namanya sudah menjadi SMKN 04 MALANG.

Saat ini di indonesia sudah banyak didirikan sekolah grafika seperti SMKN 11 Semarang,SMK grafika Desa Putera, SMKN 7 Jakarta, dan masih banyak lagi yang lainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar