Jumat, 23 November 2012

Unsur - unsur proses cetak


Terdapat beberapa unsur yang harus ada pada saat cetak agar proses cetak tersebut dapat berlangsung dengan sempurna.
Unsur-unsur tersebut adalah :

a. acuan cetak.
Acuan cetak adalah sebuah bidang tertentu yang didalamnya terdapat elemen-elemen cetak berupa teks, gambar, garis ataupun blok yang akan mengalihkan lapisan tinta yang membentuk gambaran tertentu sebagaimana dikehendaki.
Terdapat dua bagian pada acuan cetak :
1.      bagian mencetak adalah bagian yang akan mengalihkan lapisan tinta ke bahan cetak.
2.      bagian tidak mencetak yaitu bagian pengisi ruang antara bagian mencetak sehingga menimbulkan bagian yang tidak menerima lapisan tinta.

b. tinta cetak.
Tinta cetak adalah merupakan suspensi bahan perwarna yang terikat dalam vernis yang ditambahkan bahan-bahan penolong untuk memperoleh sifat-sifat tertentu dari tinta tersebut.
Dalam proses cetak tinta berfungsi sebagai pembentuk gambar atau pencipta efek optis pada bahan cetak sebagai akibat adanya pigmen pada tinta cetak. Sementara pigmen-pigmen tersebut melekat dan terikat kuat pada bahan cetak oleh vernis.

c. bahan cetak.
Bahan cetak adalah sustu bahan yang digunakan untuk menerima lapisan tinta yang telah terbentuk oleh acuan cetak yang selanjutnya (umumnya) dimaksudkan sebagai media komunikasi ataupun sarana seni. Umumnya bahan cetak yang dipakai pada mesin cetak offset adalah : kertas, aluminium foil dan sebagainya.

d. alat cetak.
Alat cetak adalah suatu bentuk konstruksi susunan fungsi-fungsi tertentu yang saling terkait agar dapat bekerja secara konsisten dalam urut-urutan kegiatannya yang tertentu untuk melakukan proses cetak. Alat-alat tersebut ada yang bekerja secara manual dan ada juga yang bekerja secara otomatis. Alat cetak ini membentuk tekanan dan kecepatan cetak yang diperlukan dalam suatu proses cetak.

e. Operator cetak
Dalam hal ini seorang operator juga sangat mempengaruhi hasil cetak,karena kemampuan operator mempunyai kebiasaan dan kemampuan masing-masing dalam mengoperasikan suatu mesin cetak.

Baca artikel terkait : 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar