Sabtu, 24 November 2012

Bagian-bagian mesin cetak offset


Pada dasarnya sebuah mesin cetak dibuat untuk melakukan pemindahan lapisan tinta dari acuan cetak ke bahan cetak secara terus menerus dalam posisi tertentu sebanyak jumlah tertentu pula. Dengan demikian sebuah mesin cetak harus mampu melakukan kegiatan proses cetak, meletakkan bahan cetak pada posisi yang telah ditentukan dan kemudian menekan bahan cetak kepada acuan cetak dan memisahkannya kembali.

1.      Bagian pembentuk gambar tertentu yang akan menentukan baian mana yang menerima tinta dan bagian mana yang tidak menerima tinta, yang disebut dengan acuan cetak.

2.      Bagian yang memiliki sistem untuk memberi lapisan tinta kepada acuan cetak secara terus menerus dengan jumlah (tebal) lapisan yang konstan.

3.      Bagian yang akan melakukan pemindahan lapisan tinta dari acuan cetak ke bahan cetak.

4.      Bagian yang akan memberikan bahan cetak dari penumpukannya ke dalam posisi tertentu untuk dicetakkan dan kemudian memisahkannya kembali dari acuan dan menempatkannya ke dalam tumpukan yang lain.
Sejalan dengan perkembangan konstruksi mesin cetak, keempat bagian tersebut selanjutnya menjadi lebih dikenal dengan sebutan unit-unit karena masing-masin unit terdiri dari beberapa komponen yang saling terkait dengan penamaan (nama) yang sesuai dengan fungsi masing-masing unit tersebut.

Unit-unit/bagian tersebut adalah :
- pemasukan (feeder)
- penintaan (inking)
- pembasahan (dampening)
- pencetakan (printing)
- pengeluaran (delivery)